Menarik,orangutan ditemukan berburu ikan layaknya manusia purba



Dilansir dari Republika, umumnya hewan berburu mengandalkan insting dan kemampuan tubuhnya. Namun menjadi berbeda ketika orangutan di Indonesia yang mampu memanfaatkan benda untuk berburu makanan.

Adalah ahli primata, Carel van Schaik dan penulis Gerd Schuter yang menemukan kecerdasan orangutan di Indonesia. Kedua orang ini mendapati bahwa orangutan yang mereka temukan layaknya manusia purba yang berburu makanan.

Sekitar tahun 1994 lalu, Schaik berhasil mendokumentasikan banyak orangutan di Taman Nasional Gunung Leuser yang memanfaatkan tongkat untuk membuka buah-buahan. Dengan tongkat tersebut, orangutan berhasil menghindari luka tusukan dari buah-buahan yang mereka inginkan. Uniknya, penggunaan tongkat oleh orangutan hanya ditemukan di Sumatra saja.

Nah, di Kalimantan (Borneo) orangutan didokumentasikan berusaha mendapatkan ikan disungai dengan cara menombaknya atau juga memukul air dengan sebuah tonggak. Orangutan disana berusaha mati-matian menombak ikan yang lewat.

Menurut Schuster, dokumentasi tersebut menunjukkan kepintaran orangutan didalam belajar. Ia juga mengatakan bahwa orangutan tersebut belajar dari melihat nelayan setempat yang berburu ikan dengan tombah di sungai.

Foto lengkapnya disini.

Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: