Tips jitu ini bisa memudahkan kita menyelesaikan pekerjaan

Gambar: FREEIMAGES
Saat mengerjakan suatu pekerjaan seringkali kita merasa kewalahan untuk menyelesaikannya dengan sempurna, selalu ada berbagai kesalahan kecil yang mungkin awalnya tidak disadari, namun setelah di cek ternyata masih ada kekeliruan disana sini.

Kita tentu tidak ingin dipelototi si bos ketika keliru memberikan laporan kepadanya. Salah memberi informasi biasanya sangat fatal bagi perusahaan dan tentunya karir kita. Walau kesalahan kecil itu dapat dapat diperbaiki, namun bila terus berulang maka ini akan memberikan dampak negatif bagi karir kita.

Berikut adalah beberapa tips jitu yang dapat anda pelajari dan aplikasikan ketika menemui berbagai kesulitan dalam pekerjaan, dan cara ini terbukti ampuh minimal untuk mengurangi risiko kesalahan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
  1. Periksa pekerjaan dengan teliti
    Pertama cobalah cetak pekerjaan itu dan bacalah hasil cetakan tersebut dengan menggunakan telunjuk guna membimbing kita membacanya perlahan ataupun keras. Ternyata saat kita mendengar kalimat demi kalimat yang diucapkan, otak kita mampu menangkap beberapa bagian yang mungkin terlewatkan oleh mata dan pikiran saat membaca dokumen tersebut dilayar komputer.
  2. Lakukan dengan benar
    Siapa sih yang mau melakukan kesalahan berulang? Tidak hanya kita, orang lain juga sering melakukan kesalahan yang itu-itu saja. Sehari-hari kita melakukan pekerjaan yang sama dari hari berikutnya, hal ini membuat kita sering tidak menyadari berbagai hal dalam pekerjaan yang mungkin kita lewatkan.

    Cobalah untuk fokus dan melakukan segala sesuatunya dengan teliti dan benar. Alokasikan waktumu untuk memberi perhatian lebih pada pekerjaan yang dihadapi.
  3. Bikin daftar
    Saat di kantor, cobalah buat daftar pekerjaan kamu baik untuk pekerjaan jangka pendek maupun jangka panjang. Hal ini lebih baik daripada kamu hanya menyelesaikan pekerjaan yang kamu ingat saja, bias jadi ada beberapa pekerjaan lain yang terlewatkan. Saya pernah melakukan beberapa kali kesalahan dimana saya pernah melewatkan pekerjaan pembuatan data yang seharusnya segera diselesaikan, namu karena istilah klasik 'lupa,' saya melewatkannya hingga dua minggu dan itu cukup fatal.
  4. Jangan lakukan beberapa pekerjaan dalam sekali waktu
    Multitasking itu hanya mitos. Hanya sebagian kecil orang yang mampu mengerjakan beberapa pekerjaan dalam sekali waktu. Kita bukan smartphone, bukan? Ternyata seseorang bisa lebih fokus bila mengerjakan satu pekerjaan dan maksimal satu pekerjaan lain secara bergantian. Jadi tidak usah memikirkan kalau kita bisa mengerjakan suatu pekerjaan sekaligus dalam satu waktu.
  5. Jangan menunda
    Dalam pekerjaan mungkin ada beberapa pekerjaan yang kita rasa ringan, dan itu biasanya mudah dikerjakan. Karena anggapan itu, kita cenderung menundanya untuk beberapa saat dan akhirnya kita lupa untuk menuntaskan.

Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: