Mau mudik ke kampung halaman? Ikuti tips ini, gratis!

LIPUTAN6
  • Suasana mudik selalu dikaitkan dengan kemacetan di berbagai daerah
  • Untuk tahun 2016 saja diperkirakan terdapat sejumlah 2.466.212 mobil pribadi dan 3.814.757 sepeda motor yang akan bersliweran untuk mudik ke kampung halaman dibeberapa daerah di tanah air
  • Bagi anda yang akan mudik dengan kendaraan sendiri, wajib mengikuti beberapa tips yang kami hadirkan di sini :)
Tips #1
Persiapkanlah fisik, mental, dan kendaraan anda. Setidaknya tidurlah yang cukup, idealnya adalah 8 jam sebelum hari keberangkatan.

Tidak hanya fisik, anda juga perlu memeriksa kesiapan kendaraan yang akan anda gunakan untuk mudik.

Sebaiknya periksalah kendaraan anda ke bengkel langganan beberapa hari atau minggu sebelum keberangkatan. Pastikan bahwa kelengkapan kendaraan anda seperti kunci roda, dongkrak, lampu senter, jumper, dan kelengkapan lainnya telah disiapkan dengan baik.

Tips #2
Berangkatlah di pagi hari, karena fisik anda belum beraktivitas secara berlebihan. Coba deh bandingkan kalau anda berangkat malam, sudah pasti sejak pagi hingga sore hari anda memiliki berbagai kegiatan lain, bukan? Selain itu, udara di pagi hari belum terpapar oleh polusi.

Tips #3
Jika anda mengantuk, jangan selalu andalkan kopi dan atau minuman berenergi, ya. Kesehatan dan kebugaran anda harus tetap diperhatikan. Jangan minum kopi apalagi minuman berenergi secara berlebihan!

Tips #4
Bagi beberapa orang, kemacetan seringkali menyebabkan lutut mudah pegal. Sebaiknya jangan paksakan diri saat sudah lelah dan merasa lutut anda mulai sakit. Beristirahatlah, anda perlu meluruskan kaki.

Apabila rasa pegal tersebut dirasa sangat mengganggu, anda dapat membantu fungsi metabolisme saraf dengan mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks.

Tips #5
Anak-anak biasanya gampang mabuk darat saat di perjalanan. Bagi anda yang memiliki kecil dan mudah mabuk kendaraan, cobalah alihkan perhatiannya dengan memberikannya fokus pada hal-hal di luar kendaraan.

Mengajaknya mengobrol, bermain tebak-tebakan, bernyanyi bersama, dan mendengarkan musik adalah pilihan yang tepat.

Ingat! Memberikannya buku dan film hanya akan memperburuk keadaan!

Tips #6
Berdo'alah.
Berdo'a dapat memberikan ketenangan kepada kita dan anggota keluarga. Mohonlah untuk diberikan perlindungan dan kemudahan di dalam perjalanan anda kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: