Ssst... Ada warung tempe asli Indonesia di London

Ada pemandangan menarik ketika anda berjalan-jalan ke London, Inggris. Yup, disalah satu pinggiran jalannya, tepatnya di Leather Lane Market (EC1N7TJ), anda dapat menjumpai Warung Tempeh disetiap jam makan siang pada hari Rabu hingga Jum'at.

CHANGE.ORG
Warung Tempeh merupakan sebuah warung jajanan makanan olahan dari kedelai yang difermentasikan alias tempe yang asli dari Indonesia. Jajanan ini sangat jamak ditemukan disini, tapi tidak di Inggris. Menurut pemiliknya yang bule asli London, Mr. William Mitchel, tidak ada tempe yang berkualitas di London.

Oleh karenanya, beliau yang sejak 20 tahun lalu menjadikan tempe sebagai makanan kegemarannya saat tugas mengajar di Indonesia merasa tertantang untuk membuka usaha kecil-kecilan di kampung halamannya.

Untuk pemasarannya sendiri mulanya via Facebook dan ditawarkan kepada teman-temannya. Ada salah satu menu tempe yang menjadi favorit, yaitu tempe kari.

"Jadi saya memutuskan cara terbaik untuk memperkenalkan makanan yang masih baru bagi banyak orang di Inggris adalah dengan menjual di pinggir jalan," kata William.

"Konsumen sangat menyukainya dan terbukti sangat populer. Sebagian besar konsumen belum pernah mencoba tempe dan mereka jadi pelanggan tetap," tambahnya.

Proses pembuatan tempe oleh Willian diolah secara tradisional, dimana beliau belajar secara langsung di beberapa kota besar di Jawa untuk beberapa bulan.

Atas kerja kerasnya tersebut, akhirnya William berhasil mendapatkan sertifikat Standar Makanan Britania Raya dan menjadi salah satu kunci keberhasilan usahanya.


Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: