Berita Terkini: 5 hal berikut dapat membuat kamu sehat selama jalankan ibadah haji

Ibadah haji merupakan salah satu ibadah wajib ummat Islam yang mampu baik dalam hal finansial dan kesiapan fisik.


Bagi kamu yang akan menjalankan ibadah haji ataupun umrah, diperlukan fisik yang sehat dan kuat agar kegiatan ibadah tidak terganggu saat di tanah suci.

Perjalanan ibadah ini cukup panjang, banyak juga berbagai kegiatan yang melelahkan kamu secara fisik.

Selain itu, terdapat berbagai risiko kesehatan tubuh yang tentunya tidak kamu inginkan, bukan? Kondisi iklim di tanah suci yang terik dan berbeda dengan tanah air, tentu diperlukan penyesuaian untuk membuat kamu tetap sehat.

Ibadah haji dan atau umrah juga menuntut kesabaran karena ada jutaan manusia yang juga melakukan ibadah yang sama.

Penularan penyakit dapat terjadi dengan lingkungan yang dipadati oleh manusia dari berbagai bangsa. Diperlukan berbagai kesiapan dan perlu adanya tindakan pencegahan agar hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Berikut adalah 5 tips yang dapat kamu lakukan jika kamu akan menjalankan ibadah haji/ umrah:

Tips #1 - Kebersihan makanan dan minuman
Kebersihan makanan dan minuman yang kamu konsumsi merupakan hal paling utama yang perlu diperhatikan.

Siapkanlah air mineral botol untuk dibawa ketika kamu melakukan ibadah, karena kemungkinan tidak ada yang menjualnya.

Meminum air langsung dari kran sangat tidak dianjurkan, karena ada kemungkinan orang lain melakukan hal yang sama dan membuat kamu rentan terhadap penyakit menular.

Perjalanan yang panjang dari Mekah dan Madinah dapat berlangsung hingga sepuluh jam lamanya. Siapkanlah bekal yang cukup karena tidak dipastikan ditemukannya makanan dan minuman yang sehat.

Tips #2 - Jangan simpan jatah makanan yang diberikan
Biasanya kelompok haji tertentu akan memberikan jatah makanan kepada jamaahnya. Makanan yang masih hangat dan segar sebaiknya tidak disimpan untuk jangka waktu lama. Sebaiknya makanan yang telah diberikan langsung di konsumsi saat itu juga.

Tips #3 - Siapkan perlengkapan mandi
Jangan berganti perlengkapan mandi dengan orang lain. Sebaiknya siapkanlah perlengkapan mandi kamu dalam satu tas khusus agar memudahkan kamu dan menghindari dari penyakit menular.

Tips #4 - Istirahat cukup
Ingat, ibadah haji/umrah bukanlah ibadah yang selesai dalam satu atau dua hari, melainkan memiliki jangka waktu lumayan lama yang tentu akan menguras tenaga.

Istirahat yang cukup diperlukan bagi siapapun tak terkecuali kamu yang merupakan 'tamu Allah'.

Tips #5 - Konsultasi dengan dokter
Ada baiknya kamu selalu berkonsultasi dengan dokter supaya diberikan penanganan yang tepat atas berbagai kemungkinan penyakit yang mungkin menyerang.

Ajaklah rekan/teman/kerabat untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan mengajak mereka tentu akan sangat membantu bagi kamu dalam menjaga kesehatan.



Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: