Berita Terkini: Jangan lakukan 5 hal ini ditempat kerja kalau gak mau dibilang tak becus


Bagi kamu yang keja di kantoran, penilaian dari atasan sangat penting untuk menunjang karir. Begitupun kepada teman-teman kerja, kamu tentu tidak ingin dipandang sebelah mata, bukan?

Cukup banyak pekerja yang tidak mengerti dengan aturan dan juga tata krama ketika di tempat kerja. Tak sedikit yang berpikir bahwa tingkah laku kita tidak akan mempengaruhi terhadap jenjang karir di perusahaan, atau bahkan tidak mempengaruhi penilaian atasan.

Dalam bekerja kita selalu dituntut untuk profesional dengan menjaga sikap. Berikut adalah 5 hal yang pantang dilakukan ditempat kerja bila kamu gak mau dibilang tak becus.

#1 Terus menerus mengecek handphone
Dunia yang serba digital dan saling terhubung telah mengubah gaya hidup setiap orang. Seringkali kita diganggu dengan berbagai pemberitahuan oleh handphone kita yang terus menerus berbunyi.

Seseorang yang terus menerus memperhatikan handphone-nya dapat dianggap tidak becus dalam berbagai hal, karena mengindikasikan dia tidak mampu berkonsentrasi dengan baik. Hal ini dapat juga dianggap bahwa kita sedang kebosanan karena terus berulang-ulang mengecek hanphone.

Sebaiknya 'diamkan' atau silent-lah perangkat mobile kamu saat sedang di ruangan atau bahkan saat rapat dengan bos dan juga klien.

#2 Bereaksi "Um" dan "Em"
Jangan bereaksi "Um" atau "Em" disaat si bos sedang memberikan pengarahan. Reaksi ini dapat dipandang negatif oleh atasan. Ketika dia memberikan pengarahan, cukup anggukkan kepala apabila kamu memang benar-benar mengerti apa yang dimaksudnya dan bertanyalah ketika tidak mengerti.

Informasi yang kita terima mengenai pekerjaan biasanya untuk dieksekusi. Jadi pastikan terlebih dulu apabila kita memang benar-benar mengerti baru kemudian bereaksi.

#3 Tempo bicara terlalu cepat
Tempo berbicara yang terlalu cepat akan terdengar tak jelas oleh lawan bicara. Bahkan parahnya hal itu menjadikan kita terlihat tidak kompeten dan tak mampu berkomunikasi dengan baik.

Sebaiknya aturlah volume bicara dan kecepatan berbicara. Hal itu akan membuat orang-orang yang mendengarkan menjadi lebih mengerti apa yang kita sampaikan.

#4 Bolak balik izin
Izin yang dimaksud di sini bukanlah izin tidak masuk kerja, melainkan izin ke luar ruangan untuk jangka waktu tertentu.

Kebiasaan bolak balik meminta izin ke luar ruangan akan menurunkan penilaian kita oleh atasan. Kita kemungkinan besar akan dianggap sebagai orang yang tidak bekerja dengan baik. Apabila pekerjaan yang kita sudah selesai, sebaiknya kita tetap berada di kursi/ meja kerja sampai dengan jam kantor selesai.

#5 Mengerutkan dahi
Selain membuat bentuk wajah kita aneh dan membuat kulit wajah bergaris, ternyata mengerutkan dahi juga dipandang tidak menyenangkan dan membuat kita terlihat tidak pintar.

Banyak studi yang menyatakan bahwa orang-orang yang tersenyum akan tampak lebih menarik dan terlihat lebih pintar dibanding mereka yang suka cemberut.

Latihlah diri untuk tersenyum di depan cermin. Hal ini akan membuat kita lebih percaya diri dan dapat melihat ekspresi wajah kita sendiri.

Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: