Berita Terkini: Ternyata ini alasan mengapa beberapa orang terlahir (bertangan) kidal

Bagi sebagian budaya di dunia, terutamanya Asia, orang-orang yang menggunakan tangan kiri untuk bersalaman dapat dianggap tidak sopan. Segala yang berhaluan kiri bahkan dianggap sebagai sesuatu yang berkaitan dengan aliran sesat dan hal tersebut harus diperbaiki.


Untungnya dewasa ini stigma itu perlahan hilang. Namun tetap saja masih banyak yang penasaran mengapa beberapa orang terlahir kidal.

Orang-orang terkenal yang terlahir kidal antara lain adalah Oprah Winfrey, Barack Obama, dan Bill Gates. Beberapa peneliti percaya bahwa kidal ada kaitannya dengan bawaan genetik.

Sebuah studi pada 2013 menyebutkan bahwa mutasi gen dapat mempengaruhi perkembangan "asimetris kiri-kanan di dalam tubuh dan otak".

Sementara para ahli masih berselisih dalam mencari alasan mengapa orang dapat terlahir kidal, sebuah studi lain menyebutkan bahwa orang yang banyak dan terbiasa menggunakan tangan kiri untuk melakukan aktifitas biasanya dikaitkan dengan ciri-ciri kepribadian seperti extroversion, agreebleness, conscientiousness, emosionalitas (neuroticism), dan keterbukaan terhadap pengalaman (open).

Kelima ciri kepribadian tersebut termasuk ke dalam 5 besar kepribadian di dalam ilmu prikologi.

Orang-orang yang memiliki ciri kepribadian extroversion cenderung memiliki semangat tinggi, antusias, dominan, ramah, dan komunikatif.

Untuk orang yang berkerpibadian agreebleness adalah orang-orang yang hangat, mudah di percaya, dan hangat.

Sedangkan orang-orang yang berkepribadian conscientiousness biasanya cenderung memiliki sifat selalu berhati-hati, dapat diandalkan, teratur, dan bertanggung jawab.

Bagi orang yang berciri kepribadian neuroticism berkecenderungan mudah gugup, sensitif, tegang, dan mudah cemas.

Terakhir adalah open, dimana orang-orang ini memiliki imajinasi tinggi, menyenangkan, kreatif, dan artistik.

Tidak masalah bila anda ataupun saudara anda bertangan kidal, karena segala stigma negatif yang berkaitan dengan 'kiri' telah terbantahkan.

Orang-orang kidal juga cenderung banyak diuntungkan terutama ketika mereka berolah raga.

Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: