Berita Terkini: Menghubungkan Google Adsense ke Google Analytics



Google sangat membantu pengguna produknya dengan berbagai sumber daya dukungan yang mereka miliki. Kalau kamu kesulitan saat akan menggunakan produknya baik itu email, pencarian, Blogger, dan bahkan hingga Google Analytics, Google telah menyiapkan segala informasi sumber daya yang mereka persiapkan.

Baca juga: Mengenal Google Webmaster

Dengan adanya berbagai dukungan tersebut diharapkan pengguna dapat dengan mudah menyelesaikan permasalahan yang mungkin mereka temukan. Kali ini kami coba membantu untuk mengetahui cara menghubungkan akun Google Adsense ke Google Analytics.

Google Analytics merupakan salah satu produk Google yang sangat bermanfaat bagi pemilik situs/ website. Produk Google yang satu ini merupakan sebuah layanan gratis yang dibangun Google untuk membantu pemilik situs mengetahui statistik pengunjung ke situs yang dimilikinya.

Lalu apa sih manfaatnya kita menghubungkan akun Google Adsense yang dimiliki dengan Google Analytics?

Bagi kita yang memiliki situs dan menampilkan iklan dari Adsense, hal ini akan sangat bermanfaat untuk mengetahui statistik Adsense kita melalui Google Analytics.

Setelah kita menautkan Adsense ke Google Analytics, harus diketahui bahwa Analytics hanya mencatat data untuk unit iklan konten dari Adsense saja, bukan mencatat dari unit link, kotak telusur, iklan mobile, dan atau produk Adsense lainnya. Hal ini mungkin berdampak pada berbedanya data yang muncul di Analytics dengan data pada Adsense.

Cara menghubungkan Adsense dengan Analytics
Kini untuk menghubungkan atau menautkan Adsense dengan Analytics sangat mudah, tidak seperti awal-awal kemunculannya, menautkan antara kedua produk andalan Google tersebut dapat dilakukan hanya dalam beberapa langkah.

Sebelum menghubungkannya, syarat utamanya adalah kamu harus memilih properti Analytics yang akan ditautkan. Bila belum memilikinya, maka kunjungilah laman Analytics untuk membuat properti baru.

Kemudian ikutilah langkah-langkah berikut:

#1 Masuklah ke akun Google Analytics untuk memilih properti yang akan ditautkan dengan meng-klik Admin.



#2 Setelah itu kamu akan diperlihatkan menu Admin, pilihlah AdSense Linking



Buatlah penautan Analytics dengan memilih akun Adsense
Pada menu ini kamu diminta untuk memilih akun Adsense yang akan ditautkan dengan Analytics. Apabila sudah berhasil maka Adsense Linking kita akan bertambah di tabel yang tersedia.

Centanglah Adsense for Content, maka usaha kamu sudah selesai.

Tunggulah paling tidak 1 x 24 jam hingga data dimasukkan. Untuk dapat melihat Adsense pilihlah menu Behavior di sebelah kiri dan klik Overwiew.

Pada display yang muncul kita akan melihat statistik Adsense yang tersedia. Dengan adanya data-data tersebut tentu akan memudahkan kita untuk mengenali kebiasaan pengunjung dan memudahkan dalam pengambilan keputusan apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung situs kita.









Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: