Internet of Everything: Bagaimana internet memudahkan segalanya

Pernah gak terbayangkan sama kamu tentang dunia yang saling terhubung antara satu dengan lainnya?

Kalau di film sudah banyak kisah yang menceritakan berbagai kecanggihan masa depan. Mobil yang sudah terhubung dengan internet, lalu lintas yang diatur internet secara otomatis, hingga ada toilet yang super otomatis.

Segala hal yang saling terhubung itu dikenal dengan sebutan konsep Internet of Things dan atau Internet of Everything, sebuah konsep yang menghubungkan internet dengan dunia nyata. 

Sebenarnya konsep ini sudah lama didengungkan, dengan harapan berbagai benda fisik dapat terhubung dan dapat menggabungkan informasi yang diperolehnya untuk memberikan informasi akurat berkaitan dengan bermacam hal.

Konsep ini menjadi populer di Indonesia seiring dengan semakin membaiknya jaringan internet tanah air. Kecepatan internet telah mencapai generasi keempat di Indonesia, tentunya hal ini tidak dapat di sia-siakan begitu saja.

Pernahkah terbayang ketika sektor pertanian Indonesia dapat memetakan kondisi geografis untuk bercocok tanam, segala perlengkapan pertanian terhubung dengan internet dan memberikan informasi akurat dalam hal yang berkaitan dengan sektor ini.

Kita ambil contoh mudah, yaitu ketika pagi hari kasur kita membantu membangunkan dengan bantuan internet yang telah tersinkron dengan kalender pada smartphone.

Begitupun dengan shower saat kita akan mandi, menyesuaikan suhu air dengan kondisi cuaca pada hari itu.

Selesai mandipun kita terbantu dengan teko yang sudah menyiapkan teh maupun kopi dengan kadar rasa yang mengikuti kondisi kesehatan tubuh kita.

Saat berangkat kerja, kendaraan yang telah terhubung dengan internet akan mencari rute terdekat dan terbaik secara otomatis untuk mencapai tempat tujuan.

Semua itu dapat terjadi dengan adanya penggabungan internet tadi terhadap benda-benda fisik. Tidak hanya sebatas itu, konsep IoT dapat digunakan pada bidang pekerjaan yang lebih luas dimana kemampuan manusia masih terbatas untuk mengerjakannya secara manual, akan menjadi mudah ketika teknologi sudah saling bersinergi satu sama lainnya.

Internet of Everthing atau dikenal juga sebagai Internet of Things (IoT) merupakan sebuah konsep baru untuk masa depan dimana benda-benda fisik terhubung ke internet dan mampu bergabung dengan perangkat lain.

Sebenarnya konsep ini sudah ada sejak lama, para ilmuwan telah memikirkan berbagai hal terkait bagaiamana kehidupan dunia di masa depan dengan kemajuan teknologi informasi. Hanya saja karena adanya keterbatasan kemampuan, hal ini baru sebagian diterapkan terutama pada negara-negara barat yang notabene menguasai ilmu pengetahuan.


Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: