Tadinya kaya raya, miliarder ini harus rela jatuh miskin


Benar kata pepatah, hidup itu seperti roda. Kadang seseorang berada dalam masa jaya, namun di lain waktu harus rela terjerembab hingga ke dasar. Seperti yang dialami oleh 5 orang ini.

Awalnya mereka adalah para miliarder dunia dengan harta hingga ratusan juta dolar, namun harus rela hidup miskin.


#1 Kim Schmitz

Yah, namanya juga hidup. Kadang rejeki susah untuk diprediksi. Bisa jadi orang yang sangat miskin tiba-tiba kaya mendadak, begitupun sebaliknya. Itulah yang dialami oleh Schmitz, seorang miliarder yang kaya raya berkat situsnya yang fenomenal, Megaupload. Dimasa jayanya, Schmitz memiliki kekayaan hingga $200 juta dan selalu dikelilingi mobil mewah koleksinya.

Tapi apa yang terjadi kemudian begitu mengerikan. Dengan tuduhan melanggar hak cipta dan pembajakan online, Megaupload yang dibangunnya harus ditutup. Tentu saja ini tidak menyenangkan bagi Schmitz. Seluruh mobil mewahnya disita, rekening diblokir, dan dia dipenjara.

#2 William Post

Beliau adalah seorang kakek yang memenangkan Pennsylvania Lottery pada tahun 1988. Dengan hadiah jackpot sebesar $16,2 juta tentu saja membuat hidupnya luar biasa kaya. Sayangnya, dia tidak mampu mengerem perubahan gaya hidupnya.

Kehidupannya yang super mewah itu ternyata justru menjadi bencana bagi Post, dia hampir saja dibunuh oleh saudaranya. Tak lama kemudian Post digugat cerai oleh istrinya dan menuntut harta gono gini yang besar. Hingga akhir hidupnya, Post diketahui memiliki utang hingga $1 juta. Miris.

#3 Michael Carrol
Sama seperti Post, Carrol memperoleh kekayaannya dari hasil memenangkan jackpot. Dia juga didaulat sebagai orang paling beruntung di dunia, dan juga buntung pastinya. Gimana gak, setelah memenangkan hadiah $15,8 juta, dia justru menghabiskan uangnya dengan berfoya-foya.

Gaya hidupnya yang gak karuan udah kadung gak bisa diselamatkan. Akibat gaya hidupnya itu ia harus menanggung utang hingga jutaan dolar.

Seluruh hartanya itu ia habiskan hanya dalam waktu 10 tahun. Ckckck...

#4 Joseph Pulitzer
Pulitzer adalah seorang jurnalis dan penerbit surat kabar ternama. Bahkan untuk menghormatinya, namanyapun dijadikan sebuah nama penghargaan yang dianggap tertinggi dalam dunia jurnalisme di AS, yaitu Penghargaan Pulitzer.

Sayang, kerajaan bisnisnya yang bernilai ratusan juta dolar harus lenyap begitu saja karena keturunannya tidak mampu mengelolanya. Pada 1982, keluarganya masuk dalam daftar orang terkaya di dunia dengan harta hingga $25 juta.

#5 Bernhard Stroh

Berbekal duit $150 dan resep keluarganya dalam membuat bir, Stroh pun membikin perusahaan bir yang pada masanya sangat terkenal. Pada dekade 1980-an, Stroh's berhasil menjadi perusahaan bir terbesar di AS.

Bahkan keluarganya termasuk keluarga paling kaya, dimana Forbes mencatat harta mereka senilai $700 juta. Namun kini semua itu hanya tinggal kenangan, dimana keluarganya justru terlilit utang dalam jumlah yang fantastis.

Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: