Ups, iPhone 7 ketahuan pakai Samsung

YOUTUBE/SCREENSHOT
iPhone 7  dan iPhone 7 Plus yang baru saja dirilis kabarnya memberikan berbagai kelebihan yang berbeda jauh dari pendahulunya.

Kenyataan itu memang benar adanya, iPhone penerus generasi sebelumnya ini menambahkan berbagai kemampuannya dalam mengambil dan mengolah gambar, kapasitas baterai, kecepatan, bahkan dalam segi penampilan.

Siapapun penasaran akan jeroan apa yang ada di dalam iPhone 7 ini, tak terkecuali iFixit yang sejak lama dikenal sebagai pengoprek berbagai merk ponsel terkenal.

Sudah menjadi tradisi bagi situs iFixit untuk membongkar dan mengoprek ponsel yang baru dirilis. iPhone 7, yang baru dijual resmi pada Jumat (16/9/2016) di beberapa negara tertentu, tidak luput dari tradisi tersebut.

Ada satu hal menarik dari hasil bongkar pasang tersebut. iPhone 7 ketahuan memakai komponen penting bikinan Samsung, yakni RAM 2 GB. 

YOUTUBE/SCREENSHOT
Selama ini, Samsung memang kerap menyuplai komponen-komponen penting untuk smartphone buatan Apple. Selain RAM, komponen utama lainnya adalah layar. 

Hal ini terbilang unik. Sebab Apple dan Samsung sejatinya merupakan kompetitor kuat di industri ponsel pintar. Keduanya juga beberapa kali bersitegang soal paten. 

Selain spesifikasi RAM, hasil bedah iPhone 7 juga menunjukkan kapasitas baterai 1.960 mAh, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Minggu (18/9/2016). 

Baterai tersebut sedikit lebih besar dari iPhone 6s yang memiliki kapasitas 1.715 mAh. 

Pada acara peluncuran resminya di San Francisco, AS, Apple mengklaim baterai iPhone 7 dan 7 Plus lebih tahan lama satu jam dibandingkan pendahulunya. Bukan semata-mata berkat kapasitasnya, tapi juga optimisasi software dan hardware.

Fakta menarik lain dari pengoprekan iPhone 7 adalah soal hilangnya adaptor audio jack. CEO Apple Tim Cook mengatakan jack mengambil porsi tempat sangat besar dan harus dilengserkan agar komponen lain yang lebih penting bisa masuk. 

Padahal, hasil pengoprekan tak menemukan ada komponen teknologi canggih yang menempati tempat jack. Yang ada cuma plastik dan saluran audio.

"Tak ada elektronik keren di sini, hanya rancangan akustik dan cetakan plastik," kata iFixit.

Sumber: TeknoKompas

Mengenal iPhone, ponsel pintar paling fenomenal
iPhone menjadi jajaran telepon pintar yang dirancang oleh Apple, perusahaan multinasional terbesar. 

Berbeda dengan kebanyakan ponsel pintar saat ini yang menggunakan sistem operasi Android, iPhone menggunakan sistem operasi ponsel iOS Apple yang dikenal dengan nama "iPhone OS" sampai pertengahan 2010, sesaat setelah peluncuran iPad.

iPhone pertama diluncurkan tanggal 29 Juni 2007, iPhone terbaru, yaitu iPhone 7 baru saja diluncurkan sepekan lalu.

Antarmuka penggunanya dikembangkan secara menyeluruh di layar multisentuhnya, termasuk sebuah papan ketik virtual. iPhone memiliki konektivitas Wi-Fi dan seluler (2G, 3G dan 4G).

Penjualan iPhone sangat fenomenal selama perjalanannya. Namun beberapa waktu lalu Apple melaporkan penjualan iPhone paling lambat sejak peluncuran produk tersebut tahun 2007 dan memperingatkan penjualan akan menurun untuk pertama kalinya pada tahun ini.

Perusahaan teknologi raksasa tersebut menjual 74,8 juta iPhone pada kuartal fiskal pertama, dibandingkan dengan 74,5 juta tahun lalu.

Apple mengatakan pendapatan untuk kuartal berikutnya akan menjadi antara $50 milyar (sekitar Rp650 triliun) hingga $53milyar, menurun dibandingkan pendapatan mereka tahun lalu untuk periode yang sama yakni $58 milyar.

Hal ini akan menandai penurunan pendapatan pertama Apple sejak diluncurkannya iPhone.
Penjualan iPhone menyumbang 68% dari pendapatan Apple pada periode itu.

Bos Apple Tim Cook mengatakan "rekor penjualan iPhone sepanjang masa, Apple Watch dan Apple TV" berkontribusi pada kinerja perusahaan.

Sumber: WIKIPEDIA; BBC INDONESIA


Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: