Mudahkan perjalananmu dengan Google Trips

Google kini telah mengumumkan kehadiran aplikasi Google Trips.

Google mengatakan, tujuan pembuatan aplikasi ini untuk memudahkan para pengguna yang berpergian dan melakukan perjalanan tanpa agenda atau perencanaan, akan terbantu.

Google Trips, dikatakan perusahaan mesin pencari, sebagai “Pemandu perjalanan personal pada kantong Anda”.

googletrips
SCREENSHOT

Kategori yang tersedia di Google Trips, terdiri atas pemesanan, perencanaan harian, hal-hal yang sebaiknya dilakukan, makanan dan minuman, dan banyak lagi.

Aplikasi tersebut, menurut Google, dapat menjadi teman pemandu jalan bagi para pecinta jalan-jalan tanpa perlu repot mencari informasi terlebih dahulu melalui internet.

Semua disediakan di genggaman tangan Anda.

Pemandu jalanan itu juga dapat tersedia secara offline, dengan sebelumya mengunduh rencana perjalanan yang diinginkan, kemudian disimpan sebagai modal informasi panduan perjalanan.

Google Trips juga menawarkan perjalanan di 200 kota populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Raksasa internet itu juga telah menyediakan berbagai pemandangan, keindahan kota, dan berbagai atraksi budaya lokal dalam perjalanan tersebut.

Tidak hanya itu, dilansir Ubergizmo, Google Trips juga menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, hotel, dan mobil selama rencana perjalanan tersebut.

Android dan iOS menjadi platform yang beruntung untuk bisa mengandanginya di gawai vendor masing-masing.

Trips berperan sebagai manajer perjalanan pengguna, mulai dari urusan tiket pesawat, reservasi hotel, informasi destinasi wisata, hingga rekomendasi personal berdasarkan kebiasaan Anda berselancar maya di Google.

Seperti aplikasi Maps, Trips juga bisa dijajal tanpa koneksi internet alias offline, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Rabu (21/9/2016).

Hal ini bertujuan agar Anda bisa memanfaatkan Trips meski bepergian di tempat-tempat tak ramah internet. Jika pun Anda sengaja mematikan internet agar tak diganggu e-mail atau chatting kerjaan, Trips akan selalu setia.

Syarat memanfaatkan Trips offline cuma satu, mengunduh terlebih dulu semua informasi tentang destinasi di aplikasi Trips sebelum bepergian.
"Kami benar-benar harus membantu pengguna ketika mereka berada di tujuannya," kata VP Product Management Google, Richard Holden.
Trips akan mengatur tiket pesawat maupun pemesanan hotel, menawarkan panduan editorial untuk lebih dari 200 kota, dan rekomendaasi personalisasi berdasarkan Google history kamu.

Menariknya aplikasi ini bisa bekerja secara offline, namun kamu harus men-download-nya terlebih dahulu sebelum kamu menjelajah ke tempat tersebut, seperti peta perjalanan.

Fitur offline ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki tujuan perjalanan di kota yang mungkin akan sulit mendapatkan akses internet.
“Trips adalah puncak dari lebih dari dua tahun bekerja meningkatkan produk Google travel”, kata Richard Holden, Vice President of Product Management Google dalam sebuah wawancara oleh TheVerge.
Dalam beberapa bulan terakhir Google memperkenalkan Destinations, sebuah fitur perencanaan perjalanan didalam penelusuran mobile dengan peningkatan pencarian hotel dan juga penerbangan.

Cara kerjanya, Trips membutuhkan akun login Google kamu. Setelah login, Google Trips akan menampilkan list kota yang ingin kamu kunjungi.

Ketuk salah satu tujuan kota untuk perjalanan kamu yang akan datang dan kamu akan melihat tampilan grid atau kotak warna-warni.

Terdapat beberapa pilihan seperti Reservations, Things to do, Saved places, Day plans, Food and Drinks.

Sumber: Republika, Kompas, Chromplex

Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: