Fakta menarik ibadah haji

Fakta menarik ibadah haji selalu menjadi topik yang dicari. Bagaimana tidak, ibadah haji merupakan rukun Islam kelima setelah syahadat, shalat, zakat, dan puasa.

AQUILA-STYLE

Ibadah ini dilaksanakan setiap tahun bagi umat Islam sedunia yang mampu dengan mengunjungi tanah suci di Arab Saudi pada bulan Zulhijah.

Taukah sobat bahwa di Indonesia, masyarakat kerap menyebut hari raya Idul Adha sebagai hari raya Haji, mengingat waktunya yang bersamaan dengan perayaan ibadah haji.

Ada beberapa fakta menarik mengenai penyelenggaraan ibadah haji yang berlangsung saban tahun ini. Apakah itu? Berikut ulasannya.
  1. Waktu tunggu di Indonesia mencapai 20 tahun
    Waktu tunggu untuk menunaikan ibadah haji di Indonesia bisa jadi adalah salah satu yang terlama di dunia.

    Dari situs kementerian agama, waktu tunggu terlama di Indonesia adalah di Kabupaten Sidrap (hingga tahun 2056), Kabupaten Bantaen (hingga tahun 2055), Kabupaten Wajo (hingga tahun 2052), Kabupaten Pinrang (hingga tahun 2052), Kabupaten Sopeng (hingga tahun 2049), dan beberapa kabupaten lainnya.

    Adapun rata-rata waktu tunggu bagi keberangkatan ibadah haji di Indonesia yakni antara 15 hingga 20 tahun. Wow! Lama, bukan? Waktu tunggu yang lama ini pula menyebabkan sejumlah jamaah asal Indonesia memilih berangkat melalui Filipina beberapa waktu lalu.

    Jadi bagi sobat yang ingin beribadah haji, ada baiknya mendaftarlah dari sekarang guna mengantisipasi waktu tunggu yang begitu lama.

    Waktu tunggu yang lama ini berkaitan dengan kuota jamaah haji yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi bagi jamaah asal Indonesia. Tentunya peran pemerintahlah untuk melakukan lobi guna mendapatkan kuota yang lebih.   
  2. Jumlah jamaah haji seluruh dunia mencapai 2 juta jamaah setiap musim haji
    Arab Saudi bisa dibilang sebagai negara yang menjadi event organizer terbesar dalam sekali waktu. Bahkan jumlah peserta ibadah haji ini mengalahkan jumlah orang yang hadir dalam event Olimpiade di Rio de Janeiro Agustus 2016 lalu, yang hanya 800 ribuan termasuk atlit.

    Taukah sobat bahwa jumlah jamaah haji seluruh dunia mencapai angka 2 juta jamaah setiap tahunnya? Sungguh angka yang fantastis.

    Oh ya, dilansir dari Era Muslim, tahun 2013 merupakan tahun tersibuk bagi Arab Saudi karena pada tahun itu mereka menerima hingga 3,6 juta jamaah haji. Wow!
  3. Haji dijadikan gelar
    Sobat pasti sudah sering mendengar nama seseorang dengan huruf 'H' atau'Hi' untuk laki-laki, dan atau 'Hj' untuk perempuan, bukan? Ternyata itu merupakan singkatan dari haji dan hajah, gelar yang diberikan kepada siapapun yang telah menunaikan ibadah haji.

    Tapi apakah sobat tau, bahwa gelar haji dan hajah hanya ada di Indonesia, Malaysia, dan beberapa negara melayu lainnya.

    Konon pemberian gelar ini dilakukan oleh kolonial guna membedakan orang-orang yang sudah melaksanakan haji/hajah atau belum.

    Alasannya sendiri, pada masa itu orang-orang yang gigih melakukan perlawanan terhadap penjajahan ialah mereka yang sudah berhaji.

    Seperti Agus Salim dan Ahmad Dahlan, yang mendapatkan gelar haji di depan nama mereka. Tentunya pemberian ini memiliki maksud tertentu.
  4. Politik di Timur Tengah yang tak menentu picu penurunan jumlah jamaah haji
    Fakta menarik ibadah haji lainnya adalah sejak beberapa tahun terakhir jumlah orang yang melaksanakan ibadah haji menunjukkan tren menurun.

    Tahun lalu pemerintah Arab Saudi menargetkan jamaah haji mencapai 2 juta orang, namun dilansir dari CNN Indonesia, hingga 7 September kemarin, jamaah yang datang tercatat hanya 1,3 juta jamaah.

    Penyebabnya bisa jadi karena ketidakstabilan politik di Timur Tengah.
  5. Indonesia sebagai negara terbanyak mengirimkan jamaah haji
    Kita tau bahwa Indonesia merupakan negara dengan 80 persen jumlah penduduknya adalah muslim. Nah, karena ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam, tak heran bila ada begitu banyak muslim Indonesia yang ingin menunaikan ibadah haji.

    Setiap tahunnya, Indonesia paling tidak mengirimkan jamaah haji hingga mencapai 211 ribu jamaah. Namun angka ini turun pada tahun 2013 hingga 2016 menjadi hanya 160 ribuan jamaah.

    Hal ini terkait dengan pengurangan kuota haji yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi dengan alasan perluasan Masjidil Haram.
Itu dia beberapa fakta menarik ibadah haji yang diselenggarakan setiap tahunnya. Semoga dapat menambah wawasan ya, sobat.

Keyword: Fakta menarik ibadah haji. Fakta menarik tentang ibadah haji. Fakta tentang haji. Fakta tentang ibadah haji.

Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: