10 universitas terbaik di Eropa

Setiap tahun, Times Higher Education (THE) memberikan peringkat terbaik di dunia kepada lembaga-lembaga pendidikan di planet ini.

Peringkat tahun ini, dirilis pada hari Kamis (22/9) lalu, menempatkan Universitas Inggris Oxford sebagai yang terbaik diantara terbaik lainnya, mengalahkan kampus lain seperti Harvard, Massachusetts Institute of Technology, dan rival terdekatnya, Cambridge.

Peringkat keseluruhan didasarkan pada pengajaran, penelitian, dan kutipan dari setiap universitas, dengan masing-masing kategori tertimbang sebesar 30% dari nilai keseluruhan.

Namun mengingat bahwa untuk sarjana setidaknya harus diajarkan oleh dosen dan profesor terbaik, yang menjadi salah satu komponen paling penting dari suatu universitas, Business Insider telah mengurutkan 10 universitas terbaik di Eropa berikut dengan peringkat mereka di dunia (dalam tanda kurung).

  1. (4) University of Cambridge
    Stephen Hawking pernah mengajar di universitas ini. Menjadi kampus terbaik di dataran Eropa, dan terbaik ke tiga secara global. Kampus ini sesuai namanya terletak di kota Cambridge, Inggris. University of Cambridge mendapatkan 90,6 poin.
  2. (1) University of Oxford
    Walaupun Oxford menjadi universitas terbaik di dunia menurut THE, tapi secara pembelajaran kampus ini hanya menempati urutan kelima di dunia, dan kedua di Eropa dengan 89.6 poin.
  3. (8) Imperial College London
    Pengalaman belajar terbaik di London dapat ditemukan di Imperual College London, yang mencetak 86,4 poin. Ternyata, 15 pemenang Hadiah Nobel memiliki hubungan dengan universitas ini.
  4. (9) ETH Zurich - Swiss Federal Institute of Technology Zurich
    Kampus ini mencetak skor pengalaman belajar tertinggi diantara kampus lainnya yang di luar Inggris. ETH mencetak 81,5 poin dari Times Higher Education.
  5. (15) University College London
    University College London (UCL) menempati posisi terbaik kedua di London, dan yang terbaik keempat di Inggris. Kampus yang terletak di pusat kota London ini mencetak 77,4 poin.
  6. (25) London School of Economics and Political Science
    Kampus ini ternyata pernah mendidik orang-orang yang beragam seperti Mack Jagger dari Rolling Stones, dan mantan PM Yunani George Papandreu. Kampus ini berhasil mencetak 70,8 poin.
  7. (30) LMU Munich atau Ludwig-Maximilian University of Munich
    Mencetak 70,5 poin dari THE. Sebelum menjadi orang nomor satu di Gereja Katolik, Paus Benediktus XVI pernah mengajar ilmu teologi di kampus ini.
  8. (27) University of Edinburgh
    Kampus di Skotlandia ini berhasil mencetak 67,5 poin untuk standar pengajaran. Mantan Perdana Menteri Gordon Brown, dan Alexander Graham Bell, penemu bola lampu adalah diantara orang yang pernah mengenyam pendidikan di sini.
  9. (43) University of Heidelberg
    Heidelberg adalah kampus tertua di Jerman, mencetak 66,7 poin. Taukah sobat bahwa 56 pemenang Hadiah Nobel ternyata berhubungan dengan kampus ini.
  10. (30) Ecole Polytechnique Federale de Lausanne
    Terletak di Swiss, kampus ini sangat terkenal dalam program rekayasa. Mendapatkan 62,9 poin oleh THE.
Sumber: Business Insider

Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: