Pola makan sehat di lingkungan kerja

Pola makan sehat seringkali sulit dicapai ketika di kantor. Kesibukan menjadi penyebab tidak adanya waktu untuk menyantap makanan yang sehat.
Biasanya yang banyak dijual di sekitar perusahaan adalah makanan yang praktis dan cepat saji. Tentu saja hal ini sangat merugikan dari segi kesehatan sobat.
Walaupun pada awalnya sulit, namun apabila sudah menjadi kebiasaan akan memudahkan. Sobat tetap bisa membenahi kembali pola makan sobat ke 'jalan yang benar.'
Ingat sarapan
Selain membuat perut sobat tetap terjaga, nyata lain dari sarapan adalah akan meningkatkan produktivitas sobat ketika bekerja.
Sarapan sangat membantu meningkatkan produktivitas karena dapat mengurangi kelelahan, rasa kantuk dan membantu agar sobat dapat berkonsentrasi dengan baik.
Ketahuilah, pada saat bangun tidur, metabolisme otak meningkat sehingga dibutuhkan glukosa sebagai tenaga. Glukosa dalam tubuh pada pagi hari menurun karena sobat tidak makan semalaman ketika tidur.
Menu sarapan yang baik adalah makanan yang memerlukan waktu untuk dicerna, misalnya roti gandum dengan telur dadar ditambah bawang bombay, paprika dan tomat.
Pola makan ini saat sarapan ada baiknya selalu dijaga setiap hari.
Jangan lewatkan makan siang
Pekerjaan yang menumpuk menjelang tengah hari pastinya sangat banyak menyita waktu. Jam makan siang diberikan oleh perusahaan bukan hanya untuk makan, melainkan sebagai kesempatan tubuh untuk beristirahat.
Ada baiknya ketika jam makan siang tiba, makanlah di tempat lain, bukan di meja kerja karena tubuh sobat perlu beranjak sejenak setelah duduk setengah harian. Hal ini akan membantu tubuh dan pikiran menjadi segar kembali.
Untuk menu makan siang, pilihlah yang mengandung 50 persen sayur dan buah, 25 persen protein, dan 25 persennya lagi berisi karbohidrat.
Kopi dan teh yang nikmat
Beberapa orang mungkin menjadikan kopi dan teh yang nikmat sebagai minuman yang sulit untuk tidak dikonsumsi setiap harinya. Bahkan beberapa dari mereka merasakan tubuh yang tidak bertenaga bila belum meminumnya.
Bicara mengenai porsi, kopi dan teh yang ideal adalah 1 sendok teh/kopi dengan gula setengah sendik dan tidak melebihi 2 cangkir dalam sehari.
Hindari gula dan atau creamer yang berlebih, karena di dalamnya terkandung kalori yang dapat merusak penampilan sobat akibat overweight.
Cemilan secukupnya
Seringkali ketika memakan cemilan, kita lupa diri dengan menghabiskan begitu banyak waktu mengonsumsinya secara perlahan. Hidangan ini memang paling sering menggugah selera dibandingkan makanan lainnya ketika di kantor.
Adab dalam mengemil adalah dengan memperhatikan jumlah kalori dalam setiap porsi yang disajikan. Hindari juga makanan yang digorengan karena mengandung lemak berlebih.
Menu cemilan yang sehat adalah makanan yang direbus seperti ubi atau pisang rebus, biskuit gandum, manfaat yoghurt atau dark chocolate.
Sumber: doktersehat.com
Keyword: makanan sehat, info sehat, pola makan sehat

Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: