Islam berikan 8 amalan ringan setara ibadah haji

Islam bukan agama yang pasif, namun juga turut aktif memberikan berbagai aturan dalam lini kehidupan pemeluknya. Pengikraran atas Islam, dibuktikan dengan melaksanakan perintah maupun larangan-Nya.

Seperti menjalankan ibadah haji bagi yang mampu, misalnya. Namun tidak semua orang dapat menjalankan ibadah ini. Bisa jadi karena tidak adanya biaya, ataupun karena alasan lainnya.

Tapi taukah sobat, bahwa Islam memberikan berbagai kemudahan kepada ummatnya untuk dapat beramal salih? Terdapat 8 amalan ringan dalam Islam yang mana pahalanya dapat disetarakan dengan ibadah haji?

Ada beberapa amalan yang dijanjikan Allah SWT dimana jika dijalankan, akan mendapat ganjaran yang setara dengan ibadah haji. Berikut amalannya:

  • Shalat Subuh berjamaah
    Dalam sebuah hadits, diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim,
    "Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat Isya dan Subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dengan merangkak."

    Diantara keutamaan shalat Subuh adalah: sebagai salah satu terbukanya pintu surga, pengahalang masuk neraka, mendapatkan jaminan Allah, mendapat amalan seumpama shalat semalam penuh, dan disaksikan oleh para malaikat.

    Dijanjikan oleh Rasulullah SAW, bahwa bagi siapapun yang melaksanakan shalat subuh berjamaah, kemudian berdzikir dalam mengingat Allah SWT hingga terbitnya matahari dan dilanjutkan dengan shalat dua rakaat, maka dia berhak atas pahala haji dan umrah.

    Tentunya amalan ini dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan ya, sobat.
  • Shalat berjamaah di Masjid
    Himbauan bagi setiap laki-laki muslim untuk melaksanakan shalat berjamaah ternyata datangnya dari Allah SWT, loh. Tentunya bila datang dari Tuhan, tentu ini bukan sebatas himbauan, melainkan juga sebagai sebuah perintah.

    "Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'," (al-Baqarar: 43)

    Rasulullah SAW menyampaikan bahwa bagi siapa saja yang keluar rumah untuk shalat berjamaah dalam keadaan suci, maka pahalanya seperti pahala orang berhaji dalam keadaan ihram.
  • Shalat Dhuha
    Selama ini mungkin kita lebih mengetahui bahwa shalat Dhuha sebagai amalan yang melapangkan pintu rezeki. Tapi ternyata terdapat pahala lain yang jauh lebih besar dari itu, yakni pahala layaknya orang yang berangkat ke tanah suci untuk umrah.
  • Shalat Jum'at
    Shalat Jum'at merupakan aktivitas ibadah wajib yang dilaksanakan secara berjamaah bagi laki-laki Muslim, sebagai pengganti shalat Dzuhur di hari Jum'at.

    Bagi siapapun yang mendirikan shalat Jum'at selama 40 kali berturut-turut, amalan ini sama pahalanya dengan ibadah haji.
  • Shalat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha
    Hari raya Idul Fitri dan Idul Adha merupakan momen dua hari dalam setahun, merupakan momen terbesar bagi ummat Islam. Keutamaan dari hari Raya Idul Fitri sangat besar, diantaranya adalah diampuninya segala dosa layaknya kembali fitri seperti baru lahir.

    Ternyata, dilaksanakannya dua amalan shalat Sunnah dua hari raya tersebut sangat besar, yaitu seperti amalan ibadah haji dan umrah.
  • Berbakti kepada kedua orang tua
    Menjadi wajib bagi setiap orang untuk berbakti kepada kedua ibu bapaknya. Setelah dilahirkan ke dunia, seorang anak tentunya dibesarkan dengan penuh kasih sayang. Atas amalan berbakti kepada kedua ibu bapak, Allah SWT menjanjikan pahala layaknya amalan ibadah haji dan umrah.
  • Menghadiri kajian di Masjid
    Beruntunglah bagi siapapun yang gemar menghadiri berbagai kajian di Masjid, karena terdapat pahala amalan yang sangat besar. Bagi orang-orang yang menghadiri kajian, dijanjikan pahala sebagaimana melaksanakan ibadah haji dan umrah.
  • Memberikan makanan pembuka kepada orang berpuasa
    Kepada siapapun yang memberikan makanan pembuka kepada orang yang berpuasa Ramadan, diberikan pahala yang berlipat. Selain pahala puasa, dia juga akan mendapatkan pahala seperti orang yang berhaji.
Tentu saja amalan-amalan tersebut tidak dapat mengalahkan keutamaan ibadah haji dan umrah, apalagi sampai menggantikan posisinya.

Pahala-pahala tersebut tentunya sebagai motivasi kepada siapapun ummat Muslim untuk terus berlomba dalam kebaikan dan amal salih.

Kiranya kita diberikan berbagai kemudahan untuk menggapai cahaya Illahi ya, sobat. Amin.

Keyword: Amalan setara ibadah haji, Amalan ringan, Ibadah haji dan umrah

Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: