Berita terkini: Kenali Google WebMaster dan Google Analytics untuk situs Anda

Hi!

Setiap pemilik situs menargetkan hasil yang baik di mata Google dalam pencariannya. Untuk itu kamu perlu menggunakan peralatan analisa yang dibuat Google. Ada berbagai alat analisa yang banyak digunakan dan semua itu bisa kamu dapatkan dengan menelusuri dunia maya. Tapi sepertinya yang paling popular adalah Google WebMaster Tools dan Google Analytics.

Google WebMaster merupakan tool gratis yang disiapkan Google bagi siapa saja yang ingin mengembangkan situsnya. Dengan bantuan alat ini, kita dapat melakukan berbagai evaluasi memadai berbagai variable pencarian yang melibatkan kata kunci yang digunakan oleh mesin pencari Google untuk menemukan situs kita.

Dengan berbagai kemampuannya, Google WebMaster tools dibuat secara khusus untuk kebutuhan berbagai analisa dari mesin pencari Google. Segala macam data statistik yang ditampilkan berasal dari mesin pencari Google, namun tidak dengan data kunjungan dari sumber lain seperti sosial media atau mesin pencari lainnya.

Selain Google WebMaster, perusahaan saingan Apple ini juga menyediakan Google Analytics untuk menganalisa situs kita. Seperti namanya, Google Analytics digunakan untuk menganalisa, secara gratis tentunya, segala lalu lintas data situs secara global, tidak terperinci seperti Google WebMaster.

Tidak cukup itu, Google Analytics juga digunakan untuk menunjang Google AdWords, layanan lain dari Google yang digunakan untuk beriklan, dimana Google Analytics digunakan untuk melihat efektifitas sebuah kata kunci dan lainnya.

Di Google Analytics kita dapat melihat segala data kunjungan yang masuk ke situs kita, mulai pencarian melalui mesin telusur Google hingga lalu lintas lain seperti media sosial dan mesin telusur lainnya. Berbalik dengan Google WebMaster, bukan?

Google Analytics menampilkan statistic pengunjungan sebuah situs, dimana mampu menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, email marketing, juga tautan yang terkandung di dalam sebuah dokumen. Hebat ya!

Google Analytics juga dapat digunakan untuk mengetahui kepadatan trafis sebuah situs. Dengan menggunakan alat ini, seorang pengguna dapat membuat laporan trafik mengenai trafi situs dalam jangka harian, mingguan, ataupun bulanan.










Masukkan email sobat untuk dapatkan berita terbaru: